Profil STAK Samarinda

Visi & Misi STAK Samarinda

Visi dan Misi Penyelenggaraan Sekolah Tinggi Agama Kristen Samarinda adalah :

Dengan Visi yaitu : 
“Menghasilkan tenaga yang professional dibidang studi Pendidikan Agama Kristen”.

Dengan Misi yaitu :

  1. Mempersiapkan tenaga guru Pendidikan Agama Kristen yang siap pakai, yang berkualitas dan professional serta bertanggung jawab dalam tugas dan pengabdiannya sebagai pelayan Tuhan.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan agama Kristen di sekolah-sekolah dengan mempersiapkan tenaga pendidik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab.  
  3. Memberikan kesempata kepada purta/i terbaik umat Kristen dan Guru Pendidikan Agama Kristen untuk belajar melalui pendidikan formal di Sekolah Tinggi Agama Kristen Samarinda.


Profil Lulusan

  1. Pendidik, guru dan dosen yang menguasai dan mengembangkan PAK sebagai disiplin ilmu.
  2. Pendidik, guru dan dosen yang mampu merancang dan mengembangkan kurikulum PAK untuk merespon kebutuhan konteks.
  3. Pendidik, guru dan dosen yang mampu merencanakan dan mengembangkan peningkatan profesi kependidikan PAK dalam berbagai konteks.
  4. Pendidik, guru dan dosen PAK yang mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.

 

Makna Lambang

 

Logo STAK Samarinda

 

  1. Segi lima dengan warna biru langit.
    Segi lima melambangkan Pancasila yang dijadikan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam menjalakan kehidupan sehari-hari. Warna biru langit melambangkan damai sejahtera (Yohanes 14:27)
  2. Salib berwarna merah
    Melambangkan pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib untuk menebus manusia dari penghukuman karena dosa dan merupakan pernyataan kasih Allah yang tertinggi,  sehingga  kehidupan Kristen adalah panggilan untuk  melayani yang merupakan  kesaksian iman.
  3. Alkitab terbuka berwarna putih.
    Alkitab diakui sebagai firman Allah yang  memiliki otoritas tertinggi dan berwibawa, sehingga dijadikan pedoman yang  dijunjujg tinggi dalam kehidupan iman, moral, dan bermasyarakat. Pengajaran Kristen yang dimaksudkan bersumber dari 2 Timotius 3:16  yang dipahami, dihayati, dan diterapkan secara kontekstual, sehingga pengajaran Kristen benar-benar hidup di tengah-tengah masyarakat, bangsa dan Negara.
  4. Mahkota berwarna kuning emas.
    Mahkota  melambangkan kekuasaan dan kebesaran serta kemuliaan Allah yang merupakan landasan bagi penyelenggaraan Sekolah Tinggi Agama Kristen  Samarinda sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Kristen.
  5. Lambang Alfa dan Omega
    Alfa dan Omega melambangkan bahwa Yesus Kristus dalam eksistensi-Nya, adalah  yang Awal dan Akhir. 
  6. Tulisan “Sekolah Tinggi” diartikan:  Pendidikan tinggi bagi para calon guru pendidikan agama Kristen.
  7. Istilah “Agama Kristen” mengandung arti bahwa sekolah ini bukan lembaga pendidikan umum, tetapi lembaga pendidikan khusus keagamaan.
  8. Samarinda, menunjukkan tempat sekolah itu berada, bertumbuh, dan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan konteks kebudayaan setempat.

Sekolah Tinggi Agama Kristen Samarinda adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesi dalam bidang pendidikan dan pengajaran Kristen berdasarkan  Alkitab, yang diselenggarakan oleh Yayasan Tunas Kasih Samarinda di Kalimantan Timur sesuai dengan konteks kebudayaan Indonesia.

© 2021 STAK Samarinda. All rights reserved.